Ragam Printer yang Umum Ada di Pasaran Saat Ini – Printer sudah menjadi salah satu peralatan yang sangat penting dalam banyak hal. Siswa hingga mahasiswa tentu menggunakan printer untuk mencetak tugas yang sudah dikerjakan. Di perkantoran pun, printer juga digunakan untuk mencetak beragam dokumen. Tingginya permintaan dan kebutuhan akan printer itu memang membuat perkembangan printer sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Ada cukup banyak printer yang saat ini sudah hadir di pasaran. Harga yang ada pun sangat beragam mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Ada juga printer untuk kebutuhan industri seperti pada digital printing namun ukuran printernya memang jauh lebih besar dan tentu juga harganya jauh lebih mahal. Untuk printer yang umum digunakan perorangan itu, ada beberapa jenis printer yang masih umum dan banyak digunakan saat ini.

Salah satu jenis printer itu adalah printer dot matrix. Printer yang satu ini bisa dibilang termasuk jenis printer yang cukup lama tapi masih banyak digunakan juga dalam perkantoran. Printer dot matrik ini masih menggunakan tinta, tapi penggunaan tintanya masih menggunakan sistem pita dan tidak menggunakan tinta cair seperti pada printer yang lebih modern dan lebih baru. Proses pencetakannya memang terbilang berbeda dengan printer yang sudah umum saat ini. Dengan penggunaan pita sebagai sumber pitanya, printer ini menggunakan jarum berukuran kecil sekali dalam proses mencetak dan membuat pola tinta di kertas. Jarum yang ada itu akan menekan pada bagian pita untuk mencetak huruf dan angka pada kertas. Karena penggunaan jarum atau pin tersebut, hasil printing yang didapatkan memang lebih kasar. Proses pencetakan dan penggunaan tintanya memang lebih mirip dengan kinerja dari mesin ketik walau semuanya berjalan secara otomatis. Karena cara kerjanya itu, proses pencetakannya memang lebih lama dan hasilnya tidak terlalu tajam seperti printer seperti sekarang ini. Oleh karena itu, hasil printing yang ada lebih banyak untuk huruf dan sangat tidak bagus untuk gambar. Namun setidaknya, biayanya memang lebih murah karena harga pita lebih murah daripada tinta printer.

Jenis printer kedua adalah printer inkjet. Printer ini termasuk printer yang mulai menggunakan tinta cair dan tidak lagi menggunakan pita. Pita seperti pada printer dot matrix sudah ditinggalkan dan sistem printing yang ada sudah lebih modern. Dengan tidak adanya pita dalam teknis printing dan sudah menggunakan tinta cair, proses printingnya memang menyemprotkan tinta ke bagian kertas. Tinta berada di dalam suatu cartridge yang sudah ada printhead sebagai bagian yang menyemprotkan atau mengeluarkan tinta. Pada printhead itu ada pola magneitk yang akan digunakan dalam mengatur pola pada cetakan dan pengeluaran tinta itu. Karena teknologi yang lebih bagus, hasil printing yang didapatkan sudah lebih bagus. Printer inkjet pun masih sangat populer dan banyak juga digunakan. Kecepatan printing yang ada pun sudah sangat banyak dan sudah bisa menggunakan kombinasi tinta hitam dan tinta warna. Namun, teknologi yang ada sudah mulai berkembang sehingga sekarang sudah banyak yang tidak menggunakan cartridge tapi menggunakan sistem ink tank atau tangki tinta sehingga mudah untuk pengisian ulang ketika tinta sudah habis.

Ragam Printer yang Umum Ada di Pasaran Saat Ini

Jenis printer lainnya adalah printer LED/LCD. Jenis printer seperti ini menjadi teknologi yang lebih baru dari printer sistem inkjet. Cara kerja dan sistem pencetakan yang ada sudah sangat berbeda. Ini tidak lagi menggunakan sistem inkjet, tapi menggunakan sistem LED atau LCD. Banyak orang yang kemudian menyamakan printer ini dengan jenis printer laser atau laserjet. Padahal sebenarnya, ini memang sangat berbeda pada sistem dan teknologi pencetakannya. Jenis printer LED ini, sesuai namanya, menggunakan LED atau light-emitting diode. Dengan sistem LED dalam printing yang ada, hasil yang diberikan jauh lebih bagus dan memberikan kontras dan ketajaman yang jauh lebih tinggi. Kecepatan cetak juga bisa lebih tinggi karena tidak lagi menggunakan plat magnet seperti pada inkjet.

Printer laser menjadi salah satu yang saat ini paling populer. Dari segi kecepatan, printer laser atau laserjet ini memberikan kecepatan yang jauh lebih tinggi dalam proses printing yang ada. Hasil yang diberikan juga lebih bagus Teknologi yang ada menggunakan teknologi laser sehingga memang berbeda dengan printer LED. Cara kerjanya cukup unik karena dalam printer laserjet, yang digunakan tidak lagi seperti adanya cartridge seperti pada printer inkjet. Printing yang ada menggunakan tabung yang menjadi penentu pencetakan pola pada kertas.

Laser yang ada akan ditembakkan ke tabung untuk menentukan pola pada tabung itu. Drum pun mulai berputar dan melalui toner yang merupakan tempat penyimpanan tinta. Dengan bantuan dari panas dan tekanan dalam prosesnya, tinta pun bisa berpindah ke kertas. Karena itulah, biasanya hasil cetak akan terasa hangat pada printer laserjet dibandingkan pada printer lainnya. Dengan penggunaan toner, printer laserjet menggunakan tinta yang berbentuk bubuk dan tidak lagi menggunakan tinta cair. Dengan sistem baru ini, hasil memang lebih bagus. Proses printing yang ada juga jauh lebih cepat. Proses printing juga terbilang tidak berisik. Namun, harga printer laserjet memang lebih mahal dan terkadang ada printer yang mudah panas sehingga sebaiknya tidak langsung digunakan untuk mencetak dalam jumlah halaman yang banyak.

Itulah beberapa jenis printer yang umum di pasaran saat ini. Printer-printer itu masih umum ditemukan saat ini walau memang printer dot matrix itu memang sudah cukup jarang ditemukan. Ini karena tuntutan pencetakan dokumen sudah lebih tinggi karena diperlukan kecepatan dan kualitas cetakan. Gambar pun juga diperlukan untuk dicetak. Inkjet yang terbilang lebih lama dari teknologi printer laser dan LED, ternyata masih banyak juga digunakan karena tetap memilki keunggulan sendiri dan kualitas yang ada masih tetap bisa meningkat seiring perkembangan teknologi printing yang ada.